HAI.....
SELAMAT DATANG DI KOMPLEX WADAR

Jumat, 01 November 2013

PENGHASILAN UTAMA MASYARAKAT FAKFAK


 POHON BERBUAH UANG

Pohon beserta buah yang terlihat disamping ini mungkin terlihat asing bagi kawan kawan yang baru melihatnya. Pohon ini hanya tumbuh di beberapa daerah di Indonesia, yaitu Maluku dan Papua. Namun tidak diseluruh daratan papua ada buah tersebut. Begitu juga pulau maluku.Di Papua hanya terdapat di kabupaten Fakfak yang saat ini telah menjadi bagian dari profinsi Papua Barat, ketika pulau Papua dibagi menjadi dua propinsi.

Jika dilihat dari bentuknya, ada perbedaan jenis buah yang berasal dari  Maluku dan dari Papua. yang berasal dari Maluku, bentuknya bolat dan daunnya tidak lebuh lebar dari yang nampak didalam gambar ini. yang ada digambar ini, daunya agak lebar dan buahnya agak lonjong. pala jenis ini lah yang bayak terdapat di Papua Barat, khususnya kabupaten Fakfak.   

 Nama buah tersebut  adalah Pala (nutmeg) yang dalam bahasa masyarakat fakfak disebut Henggi. Hanggi atau Pala ini dapat tumbuh dan berbuah dengan baik diseluruh daratan kabupaten Fakfak bahkan sampai ke daerah perbatasan kabupaten kaimana. Bagi masyarakan asli (native) Fakfak Henggi atau pala (Nutmeg) merupakan sumber penghasilan utama. Sering juga dijuluki sebagai pohon berbuah uang, karna pada saat musim panennya tiba. seluruh masyakat, kecil maupun besar memiliki uang.

   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

do your best brothers NEVER GO NEVER KNOW